Bahan Plastik dan Kesehatan

Bahan Plastik yang Aman

Sebelum membeli makanan atau minuman, masyarakat seharusnya memilih kemasan plastik yang aman digunakan. Untuk mengetahui bahan plastik yang aman digunakan, lihatlah nomor-nomor yang tertera pada kemasan.

Nomor itu biasanya berada di dalam segitiga tanda panah melingkar dibagian bawah kemasan. Setiap nomor menunjukkan bahan yang digunakan.

Nomor 1: Polyethylene terephtalate (PTE atau PETE), biasa digunakan mengemas air minum, minuman ringan berkarbonasi, jus buah-buahan, minyak goreng, saus, jeli, selai.

Nomor 2: High density polyethylene (HDPE), biasa digunakan untuk mengemas susu, yogurt, & botol galon air minum

Nomor 4: Low density polyethylene (LDPE), biasa digunakan sebagai plastik kemasan rapat (cling wrap), pengemas roti, makanan beku dan botol plastik yang dapat ditekan.

Nomor 5: Polypropylene (PP), biasa digunakan untuk mengemas sup, saus tomat dan margarin.

Diantara jenis plastik tersebut yang relatif paling aman dan telah mengalami uji dan evaluasi badan pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) adalah PET (nomor 1).

Jadi, bila botol air minum kita bertanda nomor 1, berarti terbuat dari PET & plastik itu aman untuk kemasan makanan atau bersifat food grade.

Menurut Dosen Dept Ilmu & Tek Pangan IPB, Dr. Yadi Haryadi, Msc, sebenarnya penggunaan botol plastik, khususnya botol plastik PET, secara berulang-ulang tidak menjadi masalah. Syaratnya, setiap akan dipakai atau diisi ulang, botol-botol tersebut harus dicuci bersih memakai sabun dan dikeringkan dahulu.

Bahan Plastik Yang Tidak Aman…!!!

Berikut adalah jenis plastik yang penggunaannya tidak diperbolehkan untuk bahan pangan karena mengandung bhn berbahaya yg dpt berpindah ke makanan.

Nomor 3: Polyvinyl chloride (PVC atau disebut vinil). Plastik ini sering dibuat cling wrap. Sering juga dipakai untuk wadah kue kering atau cokelat. Ada juga botol plastik yang dapat ditekan (untuk pengeluaran
bahan) terbuat dari PVC.

Nomor 6: Polystyrene (PS), sangat dikenal konsumen dlm bentuk kemasan stereofom seperti yang digunakan untuk mengemas buah & sayuran di toko-toko swalayan.

Nomor 7: Jenis plastik lainnya, terutama polycarbonate. Plastik ini mengandung bisphenol-A yang berbahaya dan dapat bermigrasi. Plastik ini tahan suhu tinggi. Ada yang menggunakan sebagai botol susu bayi dan alat-alat makan (sendok, garpu, pisau) plastik.

Hindari Panas & Minyak

Penggunaan plastik untuk membungkus makanan juga perlu diwaspadai. Hindari memanaskan makanan dengan wadah atau bungkus yang terbuat dari plastik dalam microwave.

Hindari menggunakan tempat dari bahan plastik untuk menaruh makanan panas, apalagi berminyak, dalam microwave. Menurut Yadi, beberapa studi menunjukan migrasi komponen plastik ke dalam bahan pangan selama pemanasan atau pada suhu tinggi semakin besar.

Kita juga sering melihat pedagang makanan menggunakan plastik untuk membungkus makanan tersebut dalam keadaan panas. Menurut Yadi, cara ini sangat beresiko karena kantong plastik yang digunakan tidak jelas asal usulnya. Migrasi bahan berbahaya dapat saja terjadi jika plastik tersebut bukan plastik berlabel food grade.

Karena kurangnya pengetahuan, kita tidak dapat menyalahkan pedagang kecil. Yadi menyarankan, jika akan membeli makanan panas, berminyak, atau berkuah, sebaiknya membawa sendiri wadah yang aman dari rumah.

Kesimpulan :

  1. Plastik sangat berbahaya jika terkena air / makanan yang panas.
  2. Jangan masak atau ngambil nasi di magic jar memakai centong yang terbuat dari plastik.
  3. Pakai peralatan plastik yang ada tanda food grade-nya

Source : milis LIPI

About these ads

11 Responses to Bahan Plastik dan Kesehatan

  1. ubb says:

    ini ada informasi tentang bahaya plastik

  2. ipe says:

    TRAGIS!!

    sebelumnya saya juga pernah dengar hal tersebut, tapi tidak detail, so saya cuma search di internet untuk cari informais tentang bahaya penggunaan alat2 berbahan plastik. so menurut saya sungguh tragis, ha; yang berbahaya ini tidak banyak diketahui oleh masyarat. lebih-lebih masyarakat, sebagai konsumen tidak mendapatkan jaminan keselamatan bahasa platik ini dari pihak yang berwenang. dengan informasi dan fasilitas yang serba terbatas, saya yakin bahwa tidak banyak masyarakat yang tahu, dan juga perduli dengan bahaya bahan platik ini. apalagi di pasaran, alat-alat makan berbahan plastik relatif murah. dengan demikian semoga ktia dapat mensosialisasikan ini dan mau perduli dengan kesehatan serta keselamatan orang alin.

    salam

  3. ipe says:

    TRAGIS

    saya yakin dengan informasi dan fasilitas masyarakat yang serba terbatas, menjadikan masyarakat kita tidak tahu dan perduli dengan bahaya alat-alat makan berbahan plastik. apalagi bahan-bahan tersebut, relatif murah dipasaran. so semoga kita mau memberitahukan informasi ini ke banyak orang karena kita perduli dengan keselamatan dan kesehatan orang lain.

    salam
    ipe

  4. cc says:

    yang bener yang mana sih? ada yang bilang nomor lima paling aman, tapi sekarang kok dibilang nomor satu yang paling aman? bukannya nomor satu dan dua hanya boleh sekali pakai? tolong jelaskan yang detail y…..thx

  5. Santy says:

    Saya minta informasi ttg bgmn patomekanisme bahan dasar plastik ini berbahaya bagi tubuh kita. Penyakit apa saja yg akan timbul dari bahaya bahan plastik ini. Trus tolong dijelaskan bahwa bahan dasar plastik ini biasanya digunakan untuk apa saja. Trmksh

  6. ordinary man says:

    Untuk informasi pendukung, Anda dapat kunjungi link berikut ini http://www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=1657

  7. anton says:

    thanks for that info…..

  8. tajuddin says:

    bleh x bg sifat bahan plastik n sifat mekanikal plastik..??

  9. […] Bahan Plastik dan Kesehatan […]

  10. Vina says:

    kalo sekali pake no. 1 sih gapapa, tapi kalo untuk food grade itu liat aja di link ini

    http://www.tupperware.co.id/Pages/ListBahanProduct.aspx?ID=8LSgJUEly9CznggGtvUoVQ==&Page=1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: