Memilih HP yang Tepat

Mau beli handphone baru? Silahkan baca tips bagaimana memilih HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda di bawah ini.

Hampir setiap bulan keluar handphone baru dari merek yang berbeda-beda. Masing-masing hadir dengan kelebihannya masing-masing. Makin lengkap fasilitas sebuah HP, harganya pun akan semakin mahal. Tapi apakah kita memerlukan semua fasilitas yang ditawarkan? Kalau Anda membutuhkan sebuah HP yang memiliki fitur musik misalnya, apakah perlu membeli HP layar sentuh? Membeli HP yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berarti menghindari pemborosan.

Selain berdasarkan form factor candy bar, slider, dan clamshell, HP terbagi atas empat kategori sesuai dengan fungsi khususnya. HP musik memiliki keunggulan sebagai media player, HP kamera sebagai pengganti fungsi kamera digital, HP Bisnis yang diciptakan untuk profesional, dan HP fashion yang mengutamakan keindahan desain. Dari masing-masing kategori tersebut, Anda tinggal menentukan sendiri apa yang Anda butuhkan. Kalau Anda penggemar musik, HP musik adalah pilihan yang tepat. Namun kalau Anda seorang profesional yang membutuhkan HP yang bisa memudahkan pekerjaan kantor seperti mengedit dokumen dan akses internet, Anda lebih cocok menggunakan HP bisnis. Untuk mendapatkan fungsi yang maksimal dari sebuah HP, mari kenali fitur-fitur dasar yang ada pada HP.

HP Musik yang bagus harus dilengkapi slot memori eksternal. Trend saat ini, HP musik memiliki memori internal yang cukup besar layaknya pemutar musik portabel. Dengan kapasitas mulai dari 8GB (Nokia N95, Nokia N81, HTC Touch Diamond) yang bisa menampung ribuan file musik, rasanya Anda tidak perlu lagi membeli kartu memori tambahan. Fitur plus adalah apabila sebuah HP musik memiliki jack audio 3,5mm, sehingga Anda bisa menggunakan headphone reguler daripada menggunakan headphone bawaan HP yang kualitasnya kurang optimal. Saat ini, HP musik sudah ada yang dilengkapi dengan prosesor audio untuk mendongkrak kualitas suara, misalnya Samsung i450 yang memiliki kualitas loudspeaker sekelas sebuah Hi Fi.

HP kamera awalnya menggunakan kamera VGA dengan hasil foto yang jauh dari memuaskan. Saat ini perkembangan kamera dalam sebuah HP sudah mencapai resolusi megapixel dalam waktu yang singkat. Beberapa HP kamera keluaran vendor besar menggandeng merk yang sudah ternama dalam dunia kamera, seperti Nokia dengan Carl Zeiss, Motorola dengan Kodak, dan Sony Ericsson tentunya dengan jajaran kamera digital Sony Cybershot. Kelemahan dari HP kamera adalah ketika memotret di malam hari atau di tempat yang kurang cahaya. Namun Anda tidak perlu kuatir, banyak pilihan HP kamera yang dilengkapi dengan Xenon flash. Pencahayaan yang diberikan lebih terang dari HP kamera yang masih menggunakan LED flash. Sekarang ada fitur baru yang mulai banyak diadopsi oleh HP kamera, yaitu Geotag. Dengan bantuan GPS, kamera secara otomatis akan menyimpan metadata berupa koordinat lokasi di mana sebuah foto diambil. Metadata ini akan berguna jika Anda mengupload foto ke situs penyimpanan foto Flickr. Hasilnya, foto yang terpajang di galeri akan dilengkapi dengan peta elektronik yang menunjukkan lokasi pengambilan foto.

HP Bisnis umumnya menggunakan sistem operasi Symbian atau Microsoft, beberapa bahkan ada yang menggunakan Linux. Dengan penggunaan sistem operasi, HP bisa menjalankan aplikasi-aplikasi rumit seperti PDA. Karena itu, HP jenis ini lebih dikenal dengan sebutan smart-phone. Pelaku bisnis yang memiliki mobilitas tinggi sangat merasakan manfaat dari kehadiran smartphone. Aplikasi Office seperti Word dan Excel yang dulu hanya bisa dijalankan di PC, kini bisa dibuka di HP. Tanpa perlu membawa notebook, Anda bisa mengedit dan membuat dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan di mana saja. Beberapa HP bisnis dilengkapi dengan keyboard QWERTY untuk kemudahan mengetik, layar sentuh untuk memudahkan mengakses aplikasi, atau gabungan keduanya. HP bisnis wajib memiliki koneksi internet. Dengan memanfaatkan WiFi atau jaringan 3G mengirim dan menerima email akan semudah SMS.

HP Fashion lebih menitik beratkan kepada nilai estetika dari HP itu sendiri. Fungsi bukanlah aspek yang diunggulkan, melainkan paduan dari keunikan dan keindahan desain. Kadang, vendor memberikan sentuhan material elegan seperti emas atau batu mulia untuk menambah nilah ‘fashion’ dari HP ketegori ini. Maka jangan heran jika harga sebuah HP fashion bisa mencapai belasan juta rupiah.

Keempat kategori di atas masih terbagi lagi atas segmen pemasaran (low-end, mid-end, dan hi-end) yang mempengaruhi fasilitas yang tersedia dan harga HP. HP low-end memiliki kisaran harga antara di bawah satu juta hingga dua juta rupiah, HP mid-end antara dua juta hingga empat juta rupiah, dan HP high-end harganya lebih tinggi dari empat juta rupiah. Anda bisa menentukan sendiri HP jenis apa yang Anda butuhkan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Referensi bisa Anda dapatkan melalui media cetak, atau internet. Melalui situs seperti cariHP.com, Anda bisa mencari referensi HP yang tepat berdasarkan kisaran harga handphone dengan mudah. Situs tersebut menyediakan fasilitas pencarian handphone dengan enam kisaran harga, yaitu: 1 juta ke bawah, 1-2 juta, 2-3 juta, 3-4 juta, 4-5 juta, dan 5 juta ke atas.

Anda sebenarnya bisa mendapatkan semua fungsi dasar dari masing-masing ketegori pada HP mid-end, tetapi fungsinya tidak akan maksimal. Kamera dan media player merupakan fitur yang pasti akan Anda temui pada HP mid-end. Kamera pada HP musik tidak akan secanggih HP kamera, Anda tidak akan mendapatkan lensa kamera bermerk, autofocus, dan Xenon Flash. Sebaliknya, menu media player pada HP kamera tidak akan seintuitif dan selengkap pada HP musik. Anda tidak bisa membuat playlist, tidak bisa mengubah banyak seting suara, dan sebagainya.

Menentukan HP yang tepat tidaklah sulit, asalkan Anda mempertimbangkan kebutuhan dengan fitur yang ada pada HP yang hendak Anda beli. Jangan sampai membeli HP dengan fitur yang pada akhirnya tidak akan Anda gunakan, karena mungkin saja Anda bisa mendapatkan HP dengan harga yang lebih murah tanpa fitur yang tidak perlu.

Source : carihp.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: