Apakah LINUX itu??

LINUX. Apaan tuh??? Pasti akan banyak pertanyaan dan jawaban yang muncul di benak kita ketika pertama kali mendengar kata LINUX.

Dalam benak saya waktu pertama kali mendengar kata Linux pada waktu itu adalah sebuah sistem operasi yang mempunyai logo seekor pingun yang lucu.

linux

Bagaimana dengan Anda ketika mendengar kata Linux untuk pertama kalinya?? Apakah sebenarnya LINUX itu??

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis open source, dimana kita bisa melihat source code (kode sumber) yang membentuk sistem operasi tersebut. Dengan kita bisa melihat source code dari sebuah sistem operasi, kita bisa belajar lebih jauh mengenai bagaimana sistem operasi yang kita gunakan bekerja, kita bisa mencari solusi dari suatu masalah dengan lebih cepat.

Linux sejatinya adalah sebuah kernel turunan dari UNIX. Pertama kali dikembangakan dari sebuah proyek hobi oleh seorang mahasiswa di University of Helsinki yang bernama Linus Torvalds. Linus tertarik dengan Minix, yaitu suatu sistem operasi UNIX “kecil” dan memutuskan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang mirip dengan Unix tetapi lebih baik dari Minix. Proyek ini dimulai pada tahun 1991 dan mengeluarkan Linux release versi 0.02 dan terus mengembangkannya sampai tahun 1994. Pada tahun tersebut dikeluarkan Linux release versi 1.0 dan terus berkembang hingga saat ini.

Linux dikembangkan dibawah lisensi GNU General Public Licence sehingga kita bebas untuk menggunakan, memodifikasi, mendistribusikannya kembali.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan dan menggunakan sistem operasi Linux ini. Kita bisa membeli CD instalernya di toko-toko software, mendownloadnya secara langsung di situs penyedia layanan download atau lewat mirror, menggandakan CD lain punya teman, atau membakarnya sendiri dari file ISO yang ada.

Saat ini Linux berkembang dengan cepatnya. Ini berkat adanya komunitas yang kuat di antara pemakai Linux yang ada di seluruh dunia. Kemudahan mendapatkan sistem operasi Linux juga mempercepat perkembangan Linux di seluruh dunia. Linux tidak hanya terkenal untuk penggunaan server semata, tapi juga untuk pemakaian destop. Saat ini tampilan desktop Linux sangat bagus, didukung pula dengan kemampuan melakukan efek 3D dengan resource komputer yang tidak terlalu tinggi.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Download : Tutorial.pdf

2 Responses to Apakah LINUX itu??

  1. theCaller says:

    Assalamualaikum

    boleh protes nih, setelah ikut acara richard stallman yang grtis itu, mata saya menjadi semakin terbuka dengan open source.

    bahwa opensource itu beda dengan free software.
    dan linus trovalds itu hanya mengerjakan bagian dasar dari linux (kernel)

    dan sisanya sebelumnya telah dibuat oleh richard dkk.
    makanya richard bersikeras menyebutnya sebagai GNU/Linux.
    karna awalnya GNU hadir untuk memberi pondasi free software.
    kemudian dilengkapi oleh linus, yang sebenarnya inisiatif dari richard sendiri. Awalnya Linux tidak dalam lisensi GNU, tapi tahun depnnya berubah ke GNU yang kemudian diambil.

    dan kabarnya kernel linux sekarang telah disusupi oleh kode yang tidak bisa dipahamm manusia. jadi linux sekarang open source aja bukan.

    makanya richard membuat gnu sense. apa itu? cari sendiri ya

    Wassalam

  2. Waalaikum salam,
    Sipp..sipp…suatu comment yang bermanfaat banget buat saya..
    terima kasih banyak sudah mampir dan telah sharing informasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: