Enaknya Menggunakan Open Source

Dulu saya merasa nyaman dengan mengunakan software bajakan. Semua keperluan pekerjaan dengan menggunakan software bajakan dapat terselesaikan dengan mudahnya. Namun, saya tidak bisa membohongi hati nurani saya. Bahwa menggunakan software bajakan adalah perbuatan dosa. Kita merampas hak orang lain. Dan saya tidak ingin hal itu terjadi kepada saya. Hak saya juga dirampas oleh orang lain.

Sebenarnya sudah sejak lama saya tahu bahwa ada software yang legal dan free. Software itu adalah Linux yang berbasis open source. Sejak lama saya penasaran dan ingin menggunakan Linux, tapi karena masih merasa ketakutan dengan segala rumor dan isu yang beredar bahwa Linux itu susah, tidak di support, hardware-hardware tidak terdeteksi dengan baik dan lain sebagainya membuat saya urung untuk menggunakan sistem operasi Linux.

Namun semua pernyataan negatif tentang Linux di atas perlahan-lahan mulai hilang dari hati saya. Waktu kuliah bertemu dengan Linux Debian dalam salah satu mata kuliah. Memang pada awalnya saya merasa kurang nyaman dengan menggunakan Debian. Hal itu karena tampilan desktopnya yang kaku dan bahasa aplikasi yang digunakan asing bagi saya. Baru menggunakan Linux seluruhnya setelah diterima kerja.

Dari kantor tempat bekerja, saya di beri komputer dengan sistem operasi Linux Suse 10.3. Tampilan desktopnya lebih baik dari Debian yang saya gunakan pada waktu kuliah. Karena untuk kepentingan kerja, mau tidak mau saya harus membiasakan diri dengan Linux. Setelah seminggu mencobanya, ternyata lebih asik menggunakan Linux dari pada Windows. Ada rasa kesenangan, kebanggaan tersendiri bisa mengoperasikan Linux.

Untuk sekedar membuat dokumen text maupun spreadsheet, OpenOffice.org tidak kalah canggih dengan Microsoft Office. Untuk browsing bisa menggunakan Mozilla Firefox yang lebih aman dari pada menggunakan Internet Explorer. Kita bisa mendengarkan lagu kesukaan kita dengan menggunakan XMMS (padanan WinAmp pada Windows), menonton film dengan Mplayer.

Sekarang saya menggunakan distro Linux Ubuntu untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Untuk hiburan seperti menonton film, bermain game, mendengarkan musik, semua sudah terpenuhi dengan menggunakan Linux.

Setelah lebih dari satu tahun menggunakan Linux untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, dapat saya simpulkan bahwa menggunakan Linux itu sangat enak sekali.

Enaknya menggunakan Linux adalah :

  1. Bebas dari virus, malware, trojan, worm, hang, crash.

  2. Kita bisa merasakan efek desktop 3D dengan resource yang tidak terlalu tinggi.

  3. Kita tidak perlu takut terkena sweping karena sistem operasi yang kita gunakan legal.

  4. Kita bisa mendapatkan sistem operasi Linux ini dengan gratis.

  5. Sudah banyak hardware-hardware yang dikenali oleh Linux.

  6. Kita dapat dengan mudah menemukan sebuah solusi dengan bantuan komunitas yang besar.

  7. Dan yang membuat saya paling senang adalah kita tidak perlu capek-capek kalo mengistall komputer baru. Karena hanya sekali install, semua software yang kita perlukan sudah terinstall (OpenOffice.org, Mozilla Firefox, PDF Reader, Pidgin, Gimp Image Editor, dll).

  8. Ada lagi yang ingin menambahkan enaknya menggunakan software open source??

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Leave a Reply

