Pengalaman Melakukan Migrasi Ke Open Source

Banyak sekali kendala yang akan kita hadapi dalam melakukan suatu migrasi dari sistem operasi Windows ke Linux. Kita terlebih dahulu harus mengedukasi user dengan sistem operasi Linux. Karena user selama ini telah nyaman dengan sistem operasi Windows yang telah lama mereka gunakan dan mindset mereka bahwa menggunakan Linux itu susah.

Edukasi bisa kita lakukan dengan memberikan penjelasan kepada mereka. Memberikan pemahaman yang benar tentang Linux. Dan mungkin yang memberikan efek besar adalah dengan menunjukkan bahwa kita telah bekerja dengan menggunakan Linux dan semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Sama seperti dengan menggunakan sistem operasi Windows.

Beberapa hal yang salah mengenai Linux adalah :

  1. Linux itu susah. Tidak benar. Pengoperasian Linux sama mudahnya dengan menggunakan Windows.

  2. Linux tidak support hardware. Tidak benar. Semua hardware kini dapat dikenali dengan baik oleh Linux (webcam, printer, scanner, flashdisk, dll).

  3. Tampilan desktop jelek. Tidak benar. Tampilan desktop Linux sungguh sangat bagus dan menawan.

  4. File / dokumen yang telah dibuat tidak dapat terbaca. Tidak benar. Linux mendukung banyak sekali format-format file / dokumen.

  5. Kita tidak bisa menonton film atau mendengarkan musik. Tidak benar. Dengan Linux, semua aplikasi multimedia yang kita perlukan ada.

Dengan pemberian edukasi yang benar kepada user, kita dapat meminimalisir masalah yang akan timbul. Salah satu langkah lain untuk melakukan migrasi adalah setiap pengadaan komputer yang baru, komputer tersebut harus diinstall dengan menggunakan Linux. Jadi sejak awal user dibiasakan menggunakan Linux. Jika tidak mau, silakan tidak bisa berkreasi. Take it or leave it!!

Untuk melakukan migrasi secara total, cara yang kami gunakan saat itu mungkin cukup ekstrim. Mengacu pada surat edaran Menteri Pemberdaayan dan Aparatur Negara bahwa tahun 2011 semua instansi pemerintah harus sudah menggunakan software legal atau open source.

Hanya dengan waktu 2 bulan untuk melakukan migrasi. 1 bulan pertama untuk melakukan backup data dan 1 bulan selanjutnya untuk melakukan migrasi total pada komputer user.

Migrasi ini bisa dikatakan ekstrim karena user sebelumnya tidak diberi pelatihan tentang cara pengoperasian Linux. Mereka hanya diberikan pengarahan lewat mulut ke mulut bahwa menggunakan Linux itu mudah dan kita memberikan jaminan support setiap saat jika ada kendala dalam penggunaan sistem operasi Linux. Untuk keperluan mengetik dan browsing, tidak perlu takut untuk tidak bisa karena penggunaannya sama saja. Tidak jauh berbeda saat menggunakan Microsoft Office. Hanya perbedaan pada tata letak dan nama fungsi saja. Selebihnya sama.

Jika dirangkum, untuk melakukan suatu migrasi ke open source mungkin seperti ini :

  1. Memberikan edukasi terlebih dahulu kepada user (pelatihan, pemahaman yang benar) tentang open source.

  2. Jika ada pengadaan komputer baru, komputer tersebut diinstall dengan sistem operasi Linux.

  3. Membuat buku panduan atau petunjuk tentang cara pengoperasian Linux (OpenOffice.org, Mozilla Firefox, dll).

  4. Jika tidak memungkinkan untuk dilakukan migrasi secara penuh karena ada aplikasi yang hanya dibuat untuk sistem operasi Windows, tetap disediakan satu komputer dengan sistem operasi Windows.

  5. Lakukan migrasi secara bertahap untuk membiasakan user dengan menggunakan software open source, ganti Microsoft Office dengan OpenOffice.org, Internet Explorer dengan Mozilla Firefox, Adobe Reader dengan Orca.

Untuk lebih jelas memahami dan mempelajari tentang sistem operasi Linux Ubuntu, Anda dapat mendownload tutorial berikut ini :

  1. Tutorial 1

  2. Tutorial 2

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: