AMANKAN KOMPUTER ANDA DARI VIRUS

Semakin hari, virus komputer semakin banyak jenisnya dan semakin jahat. Kalau beberapa tahun silam hanya virus-virus luar yang menjadi “primadona”, kini virus lokal mulai mengambil bagian. Sebut saja virus brontok, Hallo.roro.htt, dll yang sempat menggemparkan.

Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan agar komputer kita tidak terserang virus?

  1. Pasang Antivirus. Pasang antivirus pada komputer Anda. Tidak masalah apakah antivirus yang digunakan gratis ataupun berbayar. Lakukan sedikit riset dengan antivirus yang akan digunakan dengan mengunjungi website-website yang menyediakan review tentang antivirus.

  2. Update Antivirus. Sebagus apapun antivirus yang digunakan jika tidak di-update, sama halnya dengan mata pisau yang tidak pernah diasah. Aktifkan automatic update antivirus jika komputer Anda selalu terhubung dengan jaringan internet.

  3. Matikan Autorun. Dengan mematikan fasilitas autorun, CDROM, flashdisk, maupun media portable lain yang terhubung dengan komputer tidak secara langsung menjalankan file yang ada.

  4. Tampilkan semua ekstensi file. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, tampilkan semua ekstensi filenya dan munculkan file yang hidden, termasuk file sistem Windows. Caranya : Pada Windows Explorer, buka menu Tools || Folder Options pilih tab View. Aktifkan opsi Show hidden files and folder, hilangkan tanda centang (V) pada opsi Hide extensions for knows file types dan Hide protected operating system files (Recommended).

  5. Lihat ekstensi file. Selalu perhatikan esktensi file yang akan Anda eksekusi. Apabila file tersebut mempunyai icon MS Word, Excel, Mp3, dan lain sebagainya tetapi mempunyai ekstensi .exe, .scr, .bat, .dll harap Anda waspadai.

  6. Scanning . Selalu lakukan scanning pada media portabel yang terhubung dengan komputer sebelum Anda mengeksekusi file-file yang terdapat di dalamnya.

  7. Periksa Email. Email kini juga tidak terlepas dari virus. Jangan buka email dari pengirim yang tidak Anda kenal dan jangan download attachment yang disertakannya.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, tidak sepenuhnya membuat komputer kita aman terhadap serangan virus, karena virus selalu berkembang dan antivirus baru akan ada setelah virus tersebut terdeteksi. Namun setidaknya kita bisa meminimalisir penyebaran virus yang akan menyerang sistem komputer.

Jika Anda masih menggunakan Windows sebagai sistem operasi komputer, segera beralih dengan menggunakan LINUX. Sistem operasi Linux lebih kebal terhadap serangan virus, sistem stabil, dan Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak terduga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: